Review Kain Katun Twill Japan Untuk Busana

Home/Fabric/Review Kain Katun Twill Japan Untuk Busana

Review Kain Katun Twill Japan Untuk Busana

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah sudah masuk hari ke-3 dalam rangkaian Program Belanja Edukatif bersama Miio HQ.

InsyaAllah, kali ini kami akan berbagi tentang katun twill tau lebih tepatnya “japan twill” karena kain yang mau kami review ini kebetulan juga setara kualitasnya dengan katun jepang impor yang kami review kemarin.

Kain Katun Twill

Salah satu ciri utama dari katun twill adalah serat kainnya yang berbentuk diagonal. Katun twill merupakan salah satu kain katun dengan kualitas tinggi setara dengan katun jepang. Pada kain twill yang kami miliki, katun twill terasa sedikit lebih tebal dan agak sedikit lebih kaku dari kain katun jepang.

Banyak yang mengatakan bahwa katun twill mirip dengan bahan drill yang sama – sama memiliki serat kain diagonal.

Keunggulan utama dari katun twill ini adalah kelenturan kainnya. Sehingga katun twill dianjurkan sebagai baju lapangan bahkan jaket.

kain katun twill

Kelebihan Kain Katun Twill

Seperti yang diulas sedikit diatas, kain katun twill memiliki karakteristik yang mirip dengan kain drill. Berikut ini adalah kelebihan katun twill dibanding jenis kain lainnya :

  1. Sedikit Lebih Tebal dari Katun Jepang
    Salah satu kelebihan katun twill dibandingkan dengan katun jepang adalah katun twill terasa lebih tebal dibandingkan katun jepang. Hal tersebut kami dapatkan berdasarkan survey terhadap beberapa orang untuk membandingkan ketebalan kain antara katun jepang dan katun twill.
  2. Berserat Diagonal
    Seperti yang sudan dilataban diatas, serat kain yang diagonal membuat katun twill menjadi lebih lentur.
  3. Menyerap Keringat
    Seperti halnya kain katun pada umumnya, sifat menyerap keringat pun dimiliki oleh katun twill. Sehingga katun twill terasa nyaman di permukaan kulit.
  4. Warna Tidak Mudah Pudar
    Serat kain yang diagonal juga membantu katun twill untuk dapat mengunci warna dengan lebih baik. Hasilnya warna katun twill tidak mudah pudar.

Kekurangan Kain Katun Twill

Selain kelebihan – kelebihan katun twill diatas, tentunya setiap kain juga memiliki kekurangan kecil yang tetap harus menjadi pertimbangan bagi pengguna kain. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mudah Kusut
    Salah satu sifat katun yang sering kita jumpai adalah “mudah kusut”. Dan hal itu pun akan kita temukan juga pada katun twill. Proses pencucian dan pengeringan yang tepat dapat membantu mengurangi kusut pada pakaian.
  2. Sedikit Lebih Berat dari Katun Jepang
    Ketebalan mempengaruhi berat kain. Katun twill agar sedikit lebih berat dari katun jepang. Akan tetapi, katun twill masih sangat nyaman jika digunakan sebagai busana karena sifat lentur dan menyerap keringatnya.
  3. Agak Menyusut Setelah Pencucian
    Sifat – sifat yang dimiliki oleh katun jepang, tentunya juga dimiliki oleh kain berbahan dasar kapas katun lainnya yakni menyusut saat pencucian pertama. Akan tetapi, susut yang dihasilkan bukanlah susut dalam ukuran besar dan bisa diminimalisir dengan cara pencucian dan penjemuran yang tepat.

Perawatan yang tepat mampu membuat busana dengan kain jenis apapun lebih awet. Karena itu, kami selalu menginformasikan kepada customer kami secara detail tentang produk yang mereka beli.

Mau tau ada apa aja di Miio HQ? Yuk kepoin sosial media kita. FB/IG/Twitter : @miiohq

Jadi.. Apa kain favoritmu? Beritau kami di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk subscribe dan follow akun sosial media kami.

 

By | 2016-09-22T13:36:33+00:00 22 September 2016|Fabric|0 Comments

About the Author:

CEO and Owner MIIO HQ Expert di bidang Desain Grafis, Programming, dan Social Marketing. Kesukaannya di bidang fashion melatarbelakangi mendirikan MIIO HQ untuk memenuhi kebutuhan pakaian syar’i yang stylish.     

Leave A Comment