Kain Katun Jepang Untuk Gamis

Home/Fabric/Kain Katun Jepang Untuk Gamis
  • Kain Katun Jepang Untuk Gamis

Kain Katun Jepang Untuk Gamis

Bismillahirrahmanirrahim.

Selamat siang ukhti shalihah. Kali ini kami akan membagikan riset kami tentang “Kain Katun Jepang Untuk Gamis”. Jenis kain yang sedang digandrungi oleh muslimah indonesia kini punya karakteristik yang unik loh. Sebelumnya kami telah membuat review tentang kain wolfis di sini dan kain diamond georgette di sini.

Kain Katun Jepang Untuk Gamis

Sejak tahun lalu, kain katun jepang mulai dicari oleh banyak produsen busana muslim indonesia sebagai salah satu bahan yang potensial untuk dijadikan busana. Dengan karakteristik yang unik dan harga yang bersaing, menjadikan kain katun jepang sebagai idola baru diantara kain – kain yang sebelumnya menjadi “idola” muslimah indonesia.

Dari segi kualitas, kain katun jepang memiliki kualitas terbaik dikelasnya. Dengan kelenturan dan keringanan yang cukup, menjadikan kain ini sangat nyaman untuk dijadikan busana apapun.

kelebihan dan kekurangan kain katun jepang

Kelebihan Kain Katun Jepang

Kain katun jepang biasanya dibanderol dengan harga cukup bersaing dengan kain – kain kualitas baik lainnya.

Berdasarkan informasi dari blog blog fashion sekaligus sharing dengan ahli bagian QARD sebuah perusahaan tekstil besar di indonesia, kami menghimpun beberapa kelebihan – kelebihan kain katun jepang.

Berikut adalah kelebihan – kelebihan kain katun jepang untuk gamis/busana lainnya :

  1. Bahan Halus
    Pengalaman membuat kami sadar bahwa katun jepang merupakan salah satu katun dengan kualitas terbaik dari segi kehalusan bahan. Dengan karakteristik bahan yang halus, kain ini sangat nyaman dan tidak membuat gerah ketika digunakan sebagai bahan busana.
  2. Tidak Menerawang
    Untuk pembuatan gamis syar’i, kain katun jepang adalah pilihan yang bagus untuk mereduksi cost produksi. Kain katun jepang memiliki ketebalan yang cukup dan lebih baik dari kain wolfis. Tidak diperlukan tambahan furing (kain dalaman).
  3. Warna Cerah
    Warna – warna yang disajikan oleh katun jepang sangat cerah. Meskipun dicuci berulang kali, warna kain katun jepang tidak mudah pudar. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kain katun jepang pada proses pencucian adalah tidak direndam terlalu lama dan tidak dijemur pada sinar matahari langsung dalam waktu lama.
  4. Tidak Panas
    Yang terbaik dari kain ini adalah tidak panas. Sangat cocok untuk dibuat baju muslim yang tertutup rapat, dimana kulit membutuhkan kain yang baik untuk penyerapan keringat.

Kekurangan Kain Katun Jepang

Selain kelebihan – kelebihan diatas, terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh katun jepang. Diantaranya :

  1. Mudah Kusut
    Salah satu karakter utama dari kain katun murni (100% cotton) adalah mudah kusut. Jadi, untuk mengurangi kusut pada kain, pemilik busana dengan katun jepang wajib memperhatikan cara mencuci dan menjemur agar kain tidak mudah kusut.
  2. Agak Menyusut Setelah Pencucian
    Salah satu karakteristik kain yang berasal dari bahan alam adalah mengalami penyusutan pada pencucian pertama. Jadi, perhatikan ukuran pakaian sebelum membeli sebuah pakaian.
  3. Corak Tertentu Bisa Sangat Terbatas
    Untuk kain katun jepang motif impor, biasanya motif yang tersedia terbatas. Hal ini bisa menjadi nilai tambah sekaligus nilai kurang untuk yang memproduksi pakaian menggunakan satu motif yang sama. Menjadi nilai tambah karena motif bisa menjadi lebih “ekslusif”.

Perbandingan Dengan Katun Lokal

Salah satu perbedaan paling mendasar yang penulis pribadi rasakan antara katun jepang dan katun lokal adalah dari segi motif dan kenyamanan kain.

Dari segi motif, motif – motif yang disajikan katun jepang lebih beragam dan lebih ekslusif. Dikatakan bahwa dalam setiap produksi, pabrik kain katun jepang tidak memproduksi bahan dengan motif yang sama. Dengan alasan bahwa klien mereka di jepang ingin motif yang selalu fresh. Sedangkan kain katun lokal, memilih membuat motif sesuai apa yang menjadi trend di indonesia.

Dari segi kenyamanan kain, kain katun jepang terasa lebih nyaman dan lembut dibandingkan kain katun lokal. Kedua hal tersebut mempengaruhi harga kain yang dijual di pasaran.

Pada akhirnya, antara kain katun lokal dan katun jepang sama – sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Keduanya sama – sama memiliki penggemar yang sudah sangat nyaman dengan karakteristik masing – masing.

Sekian artikel dari kami.

Yuk kasih tau kami apa kain favorit kamu di kolom komentar!

Jangan lupa follow dan subscribe akun social media kami ya.

By | 2016-09-21T13:56:58+00:00 21 September 2016|Fabric|0 Comments

About the Author:

CEO and Owner MIIO HQ Expert di bidang Desain Grafis, Programming, dan Social Marketing. Kesukaannya di bidang fashion melatarbelakangi mendirikan MIIO HQ untuk memenuhi kebutuhan pakaian syar’i yang stylish.     

Leave A Comment